Alkitab yang dipakai oleh umat Kritstiani dewasa ini, tidak mencantumkan nama-nama penulisnya. Jika kita lihat dalam Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan terbitan Gandum Mas Malang cet. I tahun 1994 dan ke 2 tahun 1996 yang dicetak Lembaga Alkitab Indonesia, disitu tertulis jelas nama-nama penulis Alkitab, tahun berapa ditulis dan lain-lain. Kami kutip apa adanya sebagai berikut :
PERJANJIAN LAMA
No. | Nama Kitab | Penulis | Tahun |
1 | Kejadian | Musa | 1445 – 1405 SM |
2 | Keluaran | Musa | 1445 – 1405 SM |
3 | Imamat | Musa | 1445 – 1405 SM |
4 | Bilangan | Musa | 1405 SM |
5 | Ulangan | Musa | 1405 SM |
6 | Yosua | Yosua | Abad 14 SM |
7 | Hakim | ????? | 1050 – 1000 SM |
8 | Ruth | ????? | Abad ke 10 SM |
9 | 1 Samuel | ????? | Ahir abad 10 SM |
10 | 2 Samuel | ????? | Ahir abad 10 SM |
11 | 1 Raja-Raja | ????? | 560 – 550 SM |
12 | 2 Raja-Raja | ????? | 560 – 550 SM |
13 | 1 Tawarikh | Ezra / ? | 450 – 420 SM |
14 | 2 Tawarikh | Ezra / ? | 450 – 420 SM |
15 | Ezra | Ezra | 450 – 420 SM |
16 | Nehemia | Ezra / Nehemia ? | 430 – 420 SM |
17 | Ester | ????? | 460 – 400 SM |
18 | Ayub | ????? | ????? |
19 | Mazmur | Daud + ? | Abad 10 – 5 SM |
20 | Amsal | Salomo + ? | 70 – 700 SM |
21 | Pengkotbah | Salomo ? | 935 SM |
22 | Kidung 2 | Salomo ? | 960 SM |
23 | Yesaya | Yesaya | 700 – 680 SM |
24 | Yeremia | Yeremia | 586 – 585 SM |
25 | Ratapan | Yeremia | 586 – 585 SM |
26 | Yehezkiel | Yehezkiel | 590 – 570 SM |
27 | Daniel | Daniel ? | 536 – 530 SM |
28 | Hosea | Hosea | 835 – 850 SM |
29 | Yoel | ||
30 | Amos | Amos | 760 – 755 SM |
31 | Obaja | Obaja | 840 SM |
32 | Yunus | Yunus | 760 SM |
33 | Mikha | Mikha | 740 – 710 SM |
34 | Nahum | Nahum | 630 – 620 SM |
35 | Habakuk | Habakuk | 606 SM |
36 | Zefanya | Zefanya | 630 SM |
37 | Hagai | Hagai | 520 SM |
38 | Zakharia | Zakharia | 520 – 470 SM |
39 | Maleakhi | Maleakhi ? | 430 – 420 SM |
Perhatikan, semua yang diberi tanda tanya (?). Dari 39 Kitab Perjanjian Lama tersebut, kalau dihitung, terdapat sekitar 9 Kitab yang tertulis “tidak diketahui siapa penulisnya” dan ada 4 Kitab lagi yang sebagian tidak jelas sumbernya. Jadi ada sekitar 13 Kitab dari 39 Kitab Perjanjian Lama versi Katolik yang tidak diakui oleh pihak Protestan dan disebut sebagai kitab Apokripa, yang dalam bahasa Yunani artinya “tersembunyi”, yaitu kitab-kitab tertentu dalam Perjanjian Lama yang tidak dibenarkan untuk bacaan umum di gereja, tai dianggap berharga untuk studi pribadi dan nilai rohani. Inilah nama 9 Kitab Perjanjian Lama versi Katolik yang tidak terdapat dalam Kitab Perjanjian Lama versi Protestan :
40 Tobit - To
41 Yudit - Ydt
42 Tambahan Ester - T. Est
43 Kebijaksanaan Salomo - Keb
44 Yesush bin Sirakh - Sir
45 Barukh & Surat Nehemia - Bar
46 Tambahan Daniel - T.Dan
47 Makabe 1 - 1 Mak
48 Makabe 2 - 2 Mak
Dengan adanya tambahan 9 (sembilan) Kitab pada Perjanjian Lama versi Katolik ini, maka jumlah Kitab Perjanjian Lama versi Katolik ada 47 (empat puluh tujuh) kitab, sementara versi Protestan hanya ada 39 (tiga puluh sembilan) kitab.
Timbul pertanyaan sebagai berikut :
Pertama : Manakah yang benar jumlahnya 47 Kitab Perjanjian Lama versi Katolik atau 39 Kitab Perjanjian Lama versi Protestan?
Kedua : Mengapa sudah ribuan tahun tidak diketahui siapa penulis kitab-kitab yang diberi tanda tanya tersebut?
Ketiga : Kalau Roh Kudus bisa dimintakan bantuannya, sudah ribuan tahun, kenapa tidak minta bantuan Roh Kudus untuk menunjukkan siapa nama-naa penulis kitab-kitab yang tidak diketahui penulisnya itu?
Keempat : Bagaimana kita mengimani kebenjaran suatu kitab suci jika sumbernya atau penulisnya tidak jelas, bahkan tidak diketahui?
Sekarang bagaimana dengan Perjanjian Baru? Perhatikan nama-nama Kitab dan Surat dalam Perjanjian Baru berikut ini, sehingga para pembaca bisa membedakan mana firman Tuhna, sabda nabi, dongeng, atau karya penulis Injil itu sendiri yang katanya mendapatkan inspirasi dari Roh Kudus:
PERJANJIAN BARU
No | Nama Kitab | Penulis | Tahun |
1 | Injil Matius | Matius | 60-an M |
2 | Injil Markus | Markus | 55 – 65 M |
3 | Injil Lukas | Lukas | 60 – 63 M |
4 | Injil Yohanes | Yohanes | 80 – 95 M |
5 | Kisah Rasul | Lukas ? | 63 M |
6 | Roma | Paulus ? | 57 M |
7 | 1 Korintus | Paulus | 55 – 56 M |
8 | 2 Korintus | Paulus | 55 – 56 M |
9 | Galatia | Paulus ? | 49 M |
10 | Efesus | Paulus ? | 62 M |
11 | Filipi | Paulus ? | 62 - 63 M |
12 | Kolose | Paulus ? | 62 M |
13 | 1 Tesalonika | Paulus ? | 51 M |
14 | 2 Tesalonika | Paulus ? | 51 – 52 M |
15 | 1 Timotius | Paulus ? | 65 M |
16 | 2 Timotius | Paulus ? | 67 M |
17 | Titus | Paulus ? | 65 – 66 M |
18 | Filemon | Paulus ? | 62 M |
19 | Ibrani | ????? | 67- 69 ? M |
20 | Yakobus | Yakobus | 45 – 49 M |
21 | 1 Petrus | Petrus | 60 – 63 M |
22 | 2 Petrus | Petrus | 66 – 68 M |
23 | 1 Yohanes | Yohanes | 85 – 95 M |
24 | 2 Yohanes | Yohanes | 85 – 95 M |
25 | 3 Yohanes | Yohanes | 85 – 95 M |
26 | yudas | Yudas | 70 – 80 M |
27 | Wahyu | Yohanes | 90 – 96 M |
Dari 27 (dua puluh tujuh) kitab Perjanjian Baru tersebut, yang diberi tanda tanya (???) adalah Kitab Ibrani. Tertulis dengan jelas dalam Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan penerbit Gandum Mas yang dicetak oleh Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) tahun 1994 dan 1996, disitu dijelaskan bahwa kitab tersebut tidak diketahui siapa penulisnya dan tidak diketahui kepada siapa kitab tersebut dialamatkan. Pada abad ke 5 Masehi, tersebar sebagian pendapat bahwa itu adalah tulisan Paulus, tapi sebagian yang berpandangan konservatif berpendapat tidak mungkin kalau Paulus yang menulis surat tersebut, karena gaya bahasa yang halus bkan merupakan gayanya Paulus.
Kemudian kalau kita teliti dan dalami Alkitab, ternyata sebagian besar penulis Injil, mereka bukan murid Yesus. Injil itu ada 4 (empat) yaitu Injil Matius, Markus, Lukas dan Yohanes.
Sebagian besar umat Kristen yakin bahwa penilis keempat Injil tersebut mereka adalah murid-murid Yesus. Ternyata Markus dan Lukas tidak terdaftar dari ke 12 murid Yesus. Matius yang terdaftar dalam Injil sebagai murid Yesus, sebenarnya bukan murid Yesus, itu juga diragukan apakah dia benar muridnya. Coba perhatikan daftar murid-murid Yesus pada kolom / tabel di bawah ini sebagai berikut :
Mar 3 : 16 – 19 | Luk 6 : 13 – 16 | Mat 10 : 2 – 4 |
Simon Petrus | Simon Petrus | Simon Petrus |
Andreas | Andreas | Andreas |
Yakobus anak Zebedeus | Yakobus anak Zebedeus | Yakobus anak Zebedeus |
Yohanes sdr Yakobus | Yohanes | Yohanes sdr Yakobus |
Philipus | Philipus | Philipus |
Bartolomeus | Bartolomeus | Bartolomeus |
Matius | Matius | Matius |
Thomas | Thomas | Thomas |
Yakobus anak Alfeus | Yakobus | Simon orang Zelot |
Tadeus | Tadeus | Tadeus |
Yudas | Yudas | Yudas |
Dari keempat penulis Injil pada tabel tersbeut sama sekali tidak terdaftar nama Markus dan Lukas. Ini membuktikan bahwa penulis Injil Markus dan Lukas bukan muridnya Yesus. Yang ada hanyalah nama Matius dan Yohanes.
Tetapi apakah nama Matius tersebut adalah benar-benar muridnya Yesus yang menulis Injil Matius? Coba simak ayat Matius 9 : 9 – 10 berikut ini :
“Setelah Yesus pergi dari situ, ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu ia berkata kepadanya : “Ikutlah Aku.” Maka berdirilah Matius lalu mengikuti Dia. Kemudian ketika Yesus makan di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan makan bersama-sama dengan Dia dan murid-muridNya”
Ayat ini membuktikan bahwa Matius penulis Injil bukanlah murid Yesus. Yang benar-benar menjadi murid Yesus adalah Matius pemungut cukai yang diajak langsung oleh Yesus untuk mengikutinya.
Kalau benar penulis Injil Matius itu adalah murid Yesus, maka kata-kata pada ayat tersebut bunyinya sebagai berikut :Allah Maha Tahu Tentunya
By : H. Insan L.S Mokoginta
Whаt a cоllapѕе in сοmmunіcation, thеre's nothing amiss with being polite.
BalasHapusMy webpage; unsecured personal loans